CARA MENSTIMULASI BALITA AGAR MENJADI ANAK CERDAS

CARA MENSTIMULASI BALITA AGAR MENJADI ANAK CERDAS
Gambar : www.gubug45.com

BALITA CERDAS DAMBAAN ORANGTUA

Kemampuan seorang anak ketika masih berumur di bawah lima tahun (balita) sangatlah luar biasa, sayang bukan jika kita sebagai orangtua tidak memberikan stimulasi untuk meningkatkan kecerdasan si kecil?

Anak balita mempunyai kemampuan luar biasa ketika menyerap kepandaian dan informasi yang baru ia dapatkan dibandingkan dengan anak berusia diatasnya. Simak cara-cara berikut ini

CARA MENSTIMULASI BALITA SEJAK DINI

Komunikasi

Jalinlah komunikasi dengan sang buah hati Anda sesering mungkin, Anda bisa menceritakan apasaja untuk mendukung pengetahuan bahasa dan mengembangkan pikirannya, tentunya Anda bercerita tentang hal-hal ringan saja, ajaklah anak untuk berbicara.

Lakukan Pengulangan

Jangan biasakan si kecil untuk menghafal sesuatu, ajarkan satu materi hanya satu sekali saja kemudian lakukan pengulangan-pengulangan. Hal ini merupakan suatu bagian yang penting dimana anak mengenal proses informasi.

Bacakan Cerita Setiap Hari

Ceritakan cerita-cerita anak setiap hari menggunakan intonasi dan ekspresi yang nyata. Bila perlu lakukan peragaan seperti pada isi cerita.

Belikan Anak Buku Dengan Huruf Yang Besar Dan Gambar Yang Jelas

Anak menjadi mengenal huruf yang nantinya perlahan-lahan mengerti tentang kata ketika si kecil melihat gambar disertai kata.

Belikan Alat Peraga

Sebagai contoh, untuk mengenalkan si kecil huruf, belikan huruf-huruf besar, bisa terbuat dari plastik, magnet, atau kertas. perkenalkan kepadanya setiap saat baik ketika sedang mandi, bermain, atau di kamar sekalipun.

Berikan mainan yang mendidik, dengan alat peraga anak Anda tidak merasa sedang belajar, dia bisa mengerti tentang apasaja sambil bermain.

Olahraga

Perkenalkan olahraga pada anak sedini mungkin, karena perkembangan otak anak berhubungan erat dengan pendidikan jasmaninya. Anda bisa mulai memperkenalkan dengan mengajaknya berlari, berenang atau bela diri.