PERTOLONGAN PERTAMA KETIKA SI KECIL SAKIT

PERTOLONGAN PERTAMA KETIKA SI KECIL SAKIT

Anak-Anak & Bayi


SI KECIL SAKIT?
Sebagai ortu pastinya kita merasa cemas ketika si kecil sakit. Berikan pertolongan pertama terlebih dahulu sebelum akhirnya dibawa ke dokter, karena terkadang si kecil hanya sakit ringan yang masih bisa diatasi tanpa harus minum obat.

Ketika Hidung Anak Tersumbat

Hidung tersumbat membuat pernapasan si kecil terganggu, ini menjadikan anak selalu rewel (menangis tak kunjung henti). Jika hidung tersumbat tidak disebabkan karena Anak terkena infeksi sinus atau infeksi telinga yang ditandai dengan batuk terus-menerus, demam, sakit telinga, warna ingus berwana kuning atau hijau, Anda masih bisa mengatasinya tanpa harus pergi ke dokter, namun jika sebaliknya segeralah konsultasikan dengan dokter Anda.

Saat hidung bayi Anda tersumbat, segeralah bikin larutan garam sebanyak ¼ sendok teh dicampur air hangat ½ gelas, lalu masukkan larutan ke dalam botol semprotan hidung. Teteskan 2 kali pada lubang hidung dan anak diminta menghembuskannya pada tisu. Jika anak masih terlalu kecil dan belum bisa menghembuskan hidungnya, bisa digunakan sedotan khusus untuk mengeluarkan ingus yang menyumbat.

Larutan garam tersebut mampu mencairkan ingus dan melancarkan sumbatan pada hidung serta mampu memulihkan kembali kelembaban yang dialami dari selaput bagian dalam.

Gatal Karena Gigitan Nyamuk

Oleskan minyak kayu putih pada bagian yang gatal, ulangi beberapa saat sampi beberapa kali sesuai kebutuhan. Atau oleskan cairan deodoran lalu tunggu 5 menit, ulangi lagi sesuai kebutuhan.

Ketika Gigi Tumbuh

Lipat lap kecil menjadi bentuk segitiga lalu celupkan salah satu ujungnya ke dalam air es. Berikan pada si kecil, suruh anak menggigit bagian yang dingin, karena rasa dingin menyejukkan bagian sakit dan membantu mengurangi bengkak serta peradangan, sedangkan kain kasar membantu meringankan gusi yang sedang iritasi.

Membersihkan Luka

Ketika si kecil sedang bermain, banyak sekali kemungkinan yang menyebabkan sang Anak terluka. Segera basuh daerah luka dengan air dan sabun. Gunakan alat penyemprot yang bersih dan telah didisi air hangat untuk membersihkan luka sasaran. Kemudian keringkan dan oleskan antibiotik. Konsultasikan ke dokter jika terjadi infeksi.

Kemasukan Serpihan (Slusuben=Jawa)

Ambil serpihan (kayu, duri) menggunakan selotip, lalu tarik. Serpihan akan menempel pada selotip. Gunkan pinset untuk mengangkatnya kalau serpihannya besar. Jika serpihan masuk terlalu dalam dan menyebabkan infeksi bawa ke dokter.

Cara Memberi Obat Pada Bayi dan Balita

Dudukkan anak di kursi, berikan minuman kesukaannya kemudian selingi dengan obat, lalu berikan kembali minuman. Rasa manis yang diberikan sebelumnya akan mengalahkan rasa obat yang pahit, sehingga membuat si kecil tidak takut minum obat.