MAKANAN BAYI - HAVERMOUT

Bayi Anda memasuki usia 4 bulan membutuhkan makanan tambahan pendamping air susu ibu (MP ASI) untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Tentunya akan lebih menghemat biaya jika kita sebagai seorang ibu bisa membuatkan MP ASI ini sendiri, tanpa harus membeli, dan terlebih lagi tanpa bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan dan terakumulasi dalam jumlah yang banyak. Berikut ini saya sajikan cara membuat havermout sebagai makanan bayi atau lebih dikenal dengan istilah makanan pendamping ASI dalam.

MAKANAN BAYI UMUR 4 BULAN SAMPAI UMUR 6 BULAN

HAVERMOUT

Havermout Buah Peach

Bahan:
100 gr daging buah peach masak, potong kecil-kecil.
2 sdm havermout.
10 sendok takar susu bayi.
1 sdm gula pasir.
1/4 sdt garam.
300 ml air.
Cara Membuat:
Campur daging buah peach masak yang sudah dipotong kecil-kecil dengan havermout, gula pasir dan sedikit garam, kecuali susu bubuk. Setelah itu masak sampai mengental di atas api sedang, ingat jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Setelah mengental lalu angkat, kemudian masukkan susu bubuk, aduk hingga bercampur rata.
Havermout buah peach siap dihidangkan untuk bayi Anda yang berusia 4-6 bulan.

Havermout Pisang

Bahan:
1 pisang raja / pisang ambon, dihaluskan.
3 sdm havermout.
10 sendok takar susu bayi.
1/4 sdm gula pasir.
1/4 sdt garam.
1 buah daging jeruk manis.
300 ml air.
Cara Membuat:
Campur pisang raja atau pisang ambon yang sudah dihaluskan dengan havermout, gula pasir, daging jeruk manis, dan sedikit garam, kecuali susu bubuk. Masak bahan-bahan tersebut dengan 300 ml air, aduk-aduk sampai mengental di atas api sedang. Setelah mengental baru diangkat,masukkan susu bubuk, aduk lagi hingga bercampur rata.
Havermout pisang siap dihidangkan untuk bayi Anda yang berusia 4-6 bulan.